Tugas Softskill 1 ( Manajemen Umum | Planning )

/
0 Comments
USAHA RESTORAN MASAKAN KOREA


Tahap pertama : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan :

Saya berencana membuat usaha restoran masakan Korea. Tujuannya agar para pencinta masakan Korea di Indonesia tidak perlu jauh – jauh pergi Negara yang saat ini sedang populer dikalangan remaja ini untuk mencicipi masakan khas negara tersebut. Dan juga saya akan memperkenalkan budaya dan masakan Korea di Indonesia. Saya akan membuat konsep restoran saya sama persis restoran di Korea.

Dengan tempat seadanya dan modal yang lumayan mencukupi, saya akan menekuni usaha ini dengan sungguh – sungguh.


Tahap Kedua Merumuskan keadaan saat ini :

Dengan modal yang mencukupi dan yang terutama yaitu skill saya dalam memasak masakan Korea, saya akan membangun usaha ini. Saya berharap para pecinta masakan Korea di seluruh Indonesia bisa berkunjung ke restoran yang akan saya buat ini. Tentu saja saya akan mengadakan promosi terlebih dahulu untuk menarik pelanggan.

Saya juga akan menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar, tentang usaha yang akan saya jalani ini. Apakah akan di terima masyarakat sekitar dan apakah akan berjalan dengan lancar. Untuk itu saya harus berpikir positif terlebih dahulu dan tetap fokus terhadap tujuan utama saya, agar saya mendapat keberhasilan yang saya harapkan.

Kreatifitas saya dalam menjalankan usaha ini juga harus berjalan, agar usaha saya dapat berkembang dan tentunya menarik lebih banyak lagi pelanggan.

Saya berencana akan membuka restoran Korea di daerah metropolitan, seperti kota
Jakarta\Depok\Bogor\Dll. Karena masyarakat kota Jakarta mungkin tidak asing lagi dengan masakan Korea. Dan itu memberikan saya kemudahan untuk mendapatkan pelanggan.


Tahap Ketiga Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan :


Dalam menjalankan bisnis ini tentu saya akan mendapatkan kemudahan dan hambatan dalam membuka usaha restoran masakan Korea.


Kemudahan dalam membuka usaha ini adalah :


Ø Banyaknya orang – orang di Indonesia yang suka akan kebudayaan Korea, dan tentu pasti tahu masakan Korea. Dan itu akan membuat orang – orang itu penasaran dengan masakan Korea dan pergi untuk mencicipi masakan Korea.

Ø Dekorasi yang menyerupai restoran di Korea, akan menarik para konsumen. Karena selain dapat mecicipi masakan ala Korea, Mereka juga dapat merasakan suasana seperti di restoran Korea sesungguhnya.



Hambatan dalam membuka usaha ini adalah :

Ø Tidak semua orang yang tahu masakan jepang , suka akan masakan jepang.

Ø Dalam hal dekorasi restoran akan mendapatkan kesulitan dalam mencari prabotan- prabotan seperti halnya restoran di Korea. Dan juga sulitnya mendapatkan Koki atau karyawan yang paham akan masakan Korea.

Ø Harga masakan Korea yang relatif mahal juga berpengaruh terhadap niat konsumen untuk pergi ke restoran Korea.




Tahap Keempat Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan :

Untuk menjalankan usaha ini jika dalam perencanaan jangka pendek, saya hanya akan menjalankan usaha ini di satu tempat saja, tanpa membuka beberapa cabang di tempat lain.

Jika dalam perencanaan jangka menengah, mungkin saya akan mengembangkan usaha ini dengan membuka beberapa cabang di berbagai wilayah.

Dan jika dalam perencanaan jangka panjang saya berencana akan membuka beberapa cabang di seluruh Indonesia, bahkan sampai mancanegara. Dengan tujuan memperkenalkan budaya dan masakan jepang ke Negara – Negara lain.



KESIMPULAN:


Tidak mudah untuk membuka usaha restoran masakan Korea di Indonesia, namun dengan tekad dan kemauan yang keras, serta dapat berpikir dengan positif dan tetap fokus terhadap tujuan utama, apapun hambatannya pasti akan di lalui dengan mudah. Karena setiap orang yang bekerja dengan keras dan sungguh – sungguh, akan mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan, melainkan keberhasilan seperti yang di harapkan.


You may also like

Tidak ada komentar:

Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts