Tugas I : Ilmu Sosial Dasar

/
0 Comments

1.1 Pengertian Penduduk

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus / kontinu.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempatiwilayah geografi dan ruang tertentu.

Penduduk suatu negara ataudaerahbisa didefinisikan menjadi dua :
  1. Orang yang tinggal di daerah tersebut
  2. Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut.
Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.

1.2 Pengertian Masyarakat

Masyarakat Awalnya berasal dari bahasa latin societas yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain, Lalu societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.

Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.

Jadi Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

1.3 Pengertian Kebudayaan

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

1.4 Pengertian individual

 Individu berasal dari kata yunani yaitu “individium” yang artinya “tidak terbagi”.
Dalam ilmu sosial paham individu, menyangkut tabiat dengan kehidupan dan jiwa yang majemuk, memegang peranan dalam pergaulan hidup manusia. Individu merupakan kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan.

Maka dapat disimpulkan bahwa individu adalah manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya. Dan terdapat tiga aspek dalam individu yaitu aspek organik jasmaniah, aspek psikis rohaniah, dan aspek sosial. Dimana aspek aspek tersebut saling berhubungan. Apabila salah satu rusak maka akan merusak aspek lainnya.

1.5 Pengertian Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.[2]

Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

1.6 Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

1.7 Pengertian Pemuda

Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya

pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil.


1.8 Kesimpulan

Dari semua pengertian diatas dapat disimpulkan adanya saling keterkaitan antar satu dengan yang lain,
dimana disuatu wilayah itu berpenduduk dan berkebudayaan berbeda' yang menghasilkan beranekaragam individu" dalam suatu kumpulan masyarakat. Peran Keluarga juga penting dalam membentuk individu yang baik dalam bersosialisasi dalam masyarakat.

========================================================================

Menyangkut Kebudayaan, Di indonesia banyak Sekali terdapat ragam budaya.
dan tidak hanya itu saja, budaya dari luar indonesia pun banyak diminati oleh generasi-generasi muda sekarang.
Contohnya kebudayaan jepang, Banyak di Indonesia sekarang ini bahkan hampir Tiap Bulan diadakan Festival Kebudayaan Jepang.
Diantaranya yg belum lama ini diadakan adalah Festival Tahunan Jak-Japan Matsuri yang Diadakan Di Parkir Timur Senayan Pada 21-September-2014 Lalu (acara Closing)

Penutupan Jak-Japan Matsuri 2014
Partisipasi Dalam Jak-Japan Matsuri Kiri(bayu) , Kanan(saya)

Jak-Japan Matsuri ini diselenggarakan awalnya Dalam Rangka Peringatan 50Tahun Hubugan Diplomatik Indonesia-Jepang, Dan Setelah itu setiap tahunnya diadakanlah agar mempererat tali persahabatan indonesia-jepang.

Dalam Festival ini Banyak Kebudayaan Jepang Yang masuk misalnya :
Tarian-Tarian Asal Jepang, anime, manga, cosplay ( Costume Play )



Tidak Hanya itu saja, Budaya" Indonesia pun ikut memeriahkan acara ini,
diantaranya Permainan Alat Music Tradisional 'Angklung'.

Banyak Remaja-Remaja Indonesia yang Sangat Antusias Dalam Festival" budaya jepang ini.
Jak-japan Matsuri hanya salah 1 Festival Besar tahunan yang ada dari banyaknya Festival yang ada.
Jak-Japan Matsuri ini Juga di dukung oleh pemerintah kota dki jakarta
Wakil Gubernur bapak Basuki Tjahaja Purnama (tengah) menghadiri Opening Jak Japan Matsuri 2014


Sumber-Sumber Terkait :
http://id.wikipedia.org/
http://adiatmojo1.blogspot.com/2012/10/pengertian-penduduk-masyarakat-dan.html
https://www.scribd.com/doc/91037202/Pengertian-Penduduk
google.com
google.co.id
youtube.com



You may also like

Tidak ada komentar:

Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts