*IBD* Manusia & Keadilan

/
0 Comments
Keadilan 

adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. Keadilan yang berasal dari kata adil adalah sesuatu yang menyangkut manusia dengan merata atau seimbang.  Keadilan juga berhubungan dengan hak dan kewajiban, dalam lingkup kecil, manusia harus adil dengan hak dan kewajiban. Maksudnya, manusia mendapat hak yang sesuai dengan kewajiban yang dilakukannya.

Keadilan juga terkait dengan kejujuran seseorang. Jujur, atau berkata sesuai kenyataan dapat memenuhi kewajiban dan menenangkan hati. Karena biasanya orang orang yang tidak jujur , tidak dapat bersikap adil dengan dirinya sendiri, dan merasa ada beban di hati.


Keadilan juga terkait dengan pancasila, Sila ke 2, “kemanusiaan yang adil dan beradab” dimana semua manusia dituntut untuk bersikap adil, atau dapat menempatkan diri sesuai tempatnya dan memiliki adab beradab yang baik terhadap setiap manusia.

Untuk Contoh Keadilan Pada Manusia ; Semisal,
ada Sebuah Keluarga memiliki 2orang anak, bagaimana bersikap adil ?,
yah, bila kita kaitkan dengan materil, Sebut saja misal Uang Saku (Uang Jajan) masing2 anak.
itu harus sama , agar tidak terjadi saling iri,
Sebut anak 1 sekolah di SMA, dan ada 2 sekolah di SMP, 
masing-masing diberi uang saku sebesar 20.000 dan 10.000 , 

adil tidak? , mungkin ada yg bilang tidak, tapi bila si anak 1 semasa dia sekolah SMP, mendapatkan uang saku sebesar 10.000 , berarti itu adil :)
itu menurut saya, jadi adil itu adalah sama rata, tidak pilih kasih.


You may also like

Tidak ada komentar:

Semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts